Skip to main content

Featured Post

Pengertian Kualitas

Membicarakan tentang pengertian atau definisi kualitas dapat berbeda makna bagi setiap orang, karena kualitas memiliki banyak kriteria dan sangat tergantung pada konteksnya. Banyak pakar dibidang kualitas yang mencoba untuk mendifinisikan kualitas berdasarkan sudut pandangnya masing-masing. Beberapa di antaranya yang paling populer dikembangkan oleh 3 pakar kualitas tingkat internasional, yaitu : ¤ W. Edward Deming, mendefinisikan kualitas adalah apapun yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen. ¤ Philip B. Crosby, mempersepsikan kualitas sebagai nihil cacat, kesempurnaan dan kesesuaian terhadap persyaratan. ¤ Joseph M.Juran, mendifinisikan mutu sebagai kesesuaian terhadap spesifikasi. Ketiga persepsi kualitas di atas menjadi dasar pemikiran dalam Total Quality Management (TQM) yang merupakan isu sentral dalam aktivitas bisnis.

CONTOH PROPOSAL STRATEGI BISNIS OLSHOP

1.  LATAR BELAKANG
Zaman globalisasi dewasa ini menjadi semakin maju, tetapi sayangnya tidak di ikuti oleh perekonomian negara kita yang masih tertinggal jauh.

Smartphone adalah salah satu hasil perkembangan zaman yang banyak di nikmati dan semakin meningkat digunakan setiap tahunnya.

Dengan adanya tampilan - tampilan fiture dan sosial media di smartphone yang sekarang ini banyak orang gunakan untuk berdagang dan bertransaksi antara penjual dan pembeli di toko online (online shop).

Fasilitas - fasilitas di sosial media yang mudah di gunakan orang untuk berkomunikasi, tidak hanya itu bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari.

Online shop merupakan bisnis usaha yang tidak membutuhkan modal besar, tidak membutuhkan stock produk. Untuk bisa menjalankan bisnis usaha online shop hanya membutuhkan smartphone/ laptop/pc, foto produk, jaringan internet, dan akun sosial media untuk akses transaksi jual beli.

2.  VISI
  • Mendapatkan untung penjualan sebesar - besarnya
  • Menjadi salah satu usaha online shop sukses berkembang dan mampu bersaing dengan online shop lainnya.

3.  MISI
  • Menciptakan ide - ide kreatif sebagai penarik minat para pelanggan online
  • Menjual produk dengan harga yang terjangkau tetapi dengan kualitas terbaik.
  • Memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan
  • Menjaga kepercayaan para pelanggan

4.  TUJUAN
Tujuan dari pembuatan usaha online shop ini ialah lebih kepada meningkatkan kesejahteraan atau perekonomian perorangan yang bersifat pribadi dan saya ingin mencoba mengaplikasikan apa yang telah saya pelajari selama ini dengan menggunakan kemampuan saya dan melihat peluang yang ada untuk membuka usaha yang dapat membantu dan meningkatkan perekonomian atau kesejahteraan pribadi kami masing - masing terlebih dahulu. 

5.  NAMA USAHA
Usaha yang akan saya kembangkan diberi nama "Firza Olshop".

6.  ASPEK PEMASARAN
Target Pelanggan
Target pelanggan usaha online shop ini adalah semua orang yang terdapat dalam kontak messenger kami. Dan juga mereka pengguna internet yang tergabung dalam situs jaringan sosial media lainnya seperti Facebook, Twiteer,Instagram, dll.

Posisi Dalam Usaha
Posisi saya di usaha shop ini adalah pengembang dan owner Firza Olshop. Dan juga sebagai reseller atau yang menjual dan memasarkan kembali produk dari tangan agen yang bersangkutan.

Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran untuk membuat sebuah usaha online yang memiliki banyak pengunjung dan pembeli maka di butuhkan strategi pemasaran yng efisien serta dapat menghasilkan penjualan yang tinggi.

Tidak berbeda jauh dari strategi pemasaran pada usaha online yang saya buat ini adalah melalui mulut kemulut serta dengan penambahan melalui jaringan sosial dan forum seperti Facebook, massager, instragram, dll.
contoh gambar strategi bisnis online

Jenis Usaha Yang Dipasarkan
Jenis usaha yang rencana di pasarkan adalah penjualan yang sesuai dengan kebutuhan pasar dan kegiatan pelanggan.

Harga
Sebagai sebuah usaha online yang menjadi media perantara pembelian barang - barang melalui jejaringan sosial. Kami menaikan harga 15-50% dari harga yang di berikan oleh agen yang bersangkutan, kami menaikan harga tersebut tergantung pada kualitas produk yang kami tawarkan.

Keuntungan dari Produk yang Dipasarkan
Keuntungan dari produk yang kami pasarkan sesuai dengan gambar dan keterangan yang telah kami jelaskan di group WA, Facebook, dll

Keuntungan dari Online Shop Ini
Keuntungan dari pembuatan usaha online shop kami ini antara lain :

1. Kami tidak menggunakan modal sama sekali, karena semua yang akan kami gunakan dalam menjalankan usaha online ini adalah barang-barang yang sudah kami gunakan untuk keperluan lain sebelumnya. Seperti smartphone, laptop atau komputer, koneksi jaringan internet, pulsa, account tabungan pada salah satu bank, dll.

2.  Dalam menjalankan usaha online shop ini kami tidak memerlukan waktu khusus dalam mengerjakannya. Kami dapat melakukannya dimanapun dan kapan pun tanpa mengganggu aktivitas kami yang lain.

Strategi Promosi

1.  Dengan memberikan potongan harga ongkos kirim atau dapat juga free ongkir untuk pembelian diatas 5 pcs atau kepada pelanggan yang sudah lebih dari 5 kali membeli produk di online shop kami.

2.  Kami menjadikan profil pictur kami untuk menampilkan gambar-gambar dari produk-produk yang kami tawarkan di dalam group online shop kami atau update status di FB dan WA, sehingga orang-orang atau kontak yang tidak berada di dalam group ini pun tetap dapat melihat apa yang coba kami tawarkan.

3.    Memberikan penawaran harga miring dari setiap pelanggan yang melakukan pembelian diatas 10pcs dari produk-produk yang kami tawarkan dengan memberikan potongan harga 5% dari setiap produk yang di beli.

Rencana Lokasi Usaha
Rencana lokasi usaha yaitu dengan pebuatan group pada suatu fasilitas sosial media yang telah di sediakan di smartphone. Pembuatan account sosial media seperti Fb, instagram, dll. Kita juga dapat membuat website khusus atau pribadi ketika jumlah pelanggan semakin banyak.

7.  ASPEK OPRASIONAL

Proses Oprasional Penjualan

1. Proses pamasaran
Dilakukan dengan memasukkan gambar-gambar produk serta harga pada group messenger, jaringan sosial dan aplikasi android. Bagi mereka yang tertarik dan ingin memesan barang di website atau aplikasi android telah dicantumkan kolom berisi cara pemesnan. Pemesanan juga bisa melalui jaringan sosial media online dengan cara mereka melakukan japri atau jaringan pribadi, dan kami akan menjelaskan prosedur pemesanannya.

Pelanggan bisa bertanya biaya kirim ke alat yang ingin di tuju karena semua harga yang ada di shop kami belum termasuk ongkos kirim. Tahap selanjutnya adalah pembeli harus membayar terlebih dahulu. Setelah menerima bukti transfer, kami akan langsung mengirimkan barang dan memberikan nomer resi kepada pelanggan.

2. Proses Pembayaran
Setelah konfirmasi pesanan barang yang di pesan kami terima dan barang yang di pesan tersedia, kami lalu akan mengirim konfirmasi tentang pembayaran. Pembayaran dilakukan dengan cara tunai atau transfer ke nomor rekening kami yaitu melalui bank BCA. Setelah melakulan pembayaran, pembeli memberi bukti pembayaran ke nomer WA, atau email, atau sms dengan fotmat :
Transfer Atas Nama   :
Nama Bank                   :
Jumlah Transfer          :
Barang yang dipesan  :
Alamat Lengkap           :
Nomer telpon               :
Kode Pos                        :
Setelah pembayaran di cek dan di terima, lalu barang segera di kirim.

3.  Proses Pengiriman
Harga yang kami pasarkan itu belum termasuk dalam biaya pengiriman. Biaya kirim barang di tanggung oleh pembeli. Biaya pengiriman sesuai dengan ketentuan dari bidang jasa pengiriman yang bersangkutan. Biasanya kami menggunakan jasa pengiriman JNE, TIKI, Grab Ekspress dan Go send. Biaya yang di keluarkan untuk pemgiriman teraebut sesuai dengan alamat kota/kabupaten dan kecamatan.

Dan untuk menjamin keutuhan barang ketika pengiriman, kami mengepak tiap barang dengan baik sehingga barang tidak cacat dan rusak ketika sampai di tujuan.

8.  PERANGKAT KERAS dan LUNAK
Perangkat keras yang akan di gunakan dalam usaha ini adalah :

  • Smartphone
  • Laptop atau komputer (jika diperlukan)
  • Koneksi internet
  • M-Banking atau E-Banking

9.  ASPEK KEUANGAN

Biaya
  Biaya perbulan
  Pulsa                     : 100.000
  Paket internet     : 100.000
Total anggaran awal Rp 200.000

10.  LABA atau PENDAPATAN
Laba dari tiap produk yang di tawarkan berbeda-beda, untuk bulan pertama kemungkinannya ialah Rp 10.000 - Rp 1.000.000, tergantung barang yang terjual selama 1 bulan.

11.  SURAT PERJANJIAN
Dalam awal menjalankan usaha online shop ini biasanya perjanjian yang dibuat hanya berdasarkan lisan atau ucapan saja, tidak ada surat perjanjian dalam usaha online shop ini.

Hal ini terjadi selama tidak ada anggota yang memberikan modal dalam bentuk apapun yang mengharuskan dibuatkannya surat perjanjian untuk mendapatkan jaminan hukum.

12.  KESIMPULAN
Pemasaran lewat media internet adalah suatu proses promosi yang efektive dan murah. Hal ini berdasarkan hasil analisa data yangvtelah di jabarkan pada data dari badan statiskik.

Objective Perspective menjadi faktor yang paling dominan di antara perspective yang lain. Untuk kehandalan messenger, FB, instagram sebagai media marketing, dan toko bagus, shopee sebagai media penjualan dalam mendukung sistem pemasaran. Masyarakat kini mulai terbiasa dengan internet maka dari itu peluang bisnis pada dunia internet sangatlah bagus untuk prospek.

Comments

Popular posts from this blog

BISNIS ONLINE MAKANAN KHAS TIMUR TENGAH DENGAN KEBAB TURKI ALA HOMEMADE

Menurut analisa saya yang seneng banget sama beli makanan dan jajanan di luar, tapi tidak sembarang beli juga. Kualitas makanan, Halal dan higenis sangat perlu di nomer satukan. Lanjut akh ngomongin masalah analisa. Iya.. menurut saya yang sedang trend atau kekinian makanan di online salah satunya beef kebab (kebab daging). Foto black kebab with cheese lettuce Untuk menikmati salah satu makanan khas Timur Tengah ini sekarang mudah banget didapatnya. Kita nih nggak perlu harus pergi jauh-jauh ke Timur Tengah naik pesawat, sebut saja Turki. Atau kita nggak perlu masuk ke restoran mewah dan mahal yang menunya makanan Timur Tengah semua. Kebab turki ala homemade ini sudah banyak banget yang jual di mana-mana. Kalau harga sangat bersaing, saya tau banget dimana kebab turki ala homemade yang enak. Dengan citra rasa bumbu-bumbu rempahnya yang meresap ke dagingnya, sangat endooll alias enak lezaat.. Nggak bakal ngecewain deh. Lokasi homemade yang satu ini terletak di beka

Pengertian Kualitas

Membicarakan tentang pengertian atau definisi kualitas dapat berbeda makna bagi setiap orang, karena kualitas memiliki banyak kriteria dan sangat tergantung pada konteksnya. Banyak pakar dibidang kualitas yang mencoba untuk mendifinisikan kualitas berdasarkan sudut pandangnya masing-masing. Beberapa di antaranya yang paling populer dikembangkan oleh 3 pakar kualitas tingkat internasional, yaitu : ¤ W. Edward Deming, mendefinisikan kualitas adalah apapun yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen. ¤ Philip B. Crosby, mempersepsikan kualitas sebagai nihil cacat, kesempurnaan dan kesesuaian terhadap persyaratan. ¤ Joseph M.Juran, mendifinisikan mutu sebagai kesesuaian terhadap spesifikasi. Ketiga persepsi kualitas di atas menjadi dasar pemikiran dalam Total Quality Management (TQM) yang merupakan isu sentral dalam aktivitas bisnis.